thursday'snotes
this site the web

Business Trends dan Transformasi Instagram

Instagram pada awalnya adalah aplikasi berbagi foto yang eksklusif untuk pengguna iOS hingga mereka memutuskan untuk merambah pasar berbasis android. Voila dalam sekejab mereka berhasil memecahkan rekor 1 juta pengunduh dalam sehari. Dengan langkah berani tim instagram yang terdiri dari 9 orang tersebut memperluas segment pasar mereka dan memutuskan untuk menjual industri mereka pada facebook sebesar  1 milliar dollar.

Langkah ini dirasa cukup tepat bagi tim Instagram yang baru berumur 2 tahun. Di era perkembangan digital khususnya social media, siklus hidupnya terasa semakin pendek. Ambil contoh myspace yang  mengalami degenerasi setelah hadirnya facebook. Begitu pula dengan instagram, pada akhirnya globalisasi dan bussiness trends telah membuat mereka bertransformasi marketing service dari instagram.  Instagram tidak sendirian dalam sejarah akusisi dengan raksasa internet. Sebelum youtube juga mengalami hal yang sama ketika diakusisi oleh google.

Para pengamat  melihat instagram bisa jadi senjata perang facebook yang cukup handal. Keputusan akusisi ini sama- sama menguntungkan bagi pihak instagram dan facebook namun para penggunanya malah merasa dirugikan dengan adanya akusisi ini. Namun pengamat lain juga menyayangkan karena peleburan ini merupakan tanda adanya pasar monopolistik di dunia internet.



Instagrammers merasa mereka kehilangan privasinya ketika instragram akan dilebur ke facebook meski belum ada keputusan resmi startegi dari  facebook ke depannya. Tak sedikit dari pengguna yang segera membackup foto mereka dan menghapus akunnya.

Dengan jumlah pengguna yang mencapai 30 juta, facebook harus lebih berhati - hati dalam strateginya. Alih - alih melakukan blackening filter  ( lelucon para instragrammer kepada facebook mengingat facebook pernah membeli gowalla hanya untuk mematikannya) sebaiknya facebook menjaga instagram terpisah dari lingkungan facebook yang terintegrasi bahkan membuat instagram tetap fokus di pasar foto adalah yang terbaik.

Facebook juga harus mempertimbangkan ladang baru yang telah diciptakan instagram sebelumnya bagi  para creative industry misalnya :


  1. BuyMyCrap. : disini ada anda dapat membuat gelang dari foto- foto instagram anda
  2. Casetagram disini ada anda dapat membuat casing iphone dari foto- foto instagram anda
  3. ImageSnap  : disini ada anda dapat membuat ceramic tiles dari foto- foto instagram anda
  4. Printstagram disini ada anda dapat membuat stiker dari foto- foto instagram anda:
  5. StickyGram : disini ada anda dapat membuat magnet bergambar dari foto- foto instagram anda
  6. Calendagram : disini ada anda dapat membuat kalender dari foto- foto instagram anda


0 comments:

Post a Comment

 

Disclaimer

I do not claim any of these images as my own unless otherwise stated

The views and opinions expressed on this blog are 100% mine. If I claim or appear to be an expert on a certain topic or product or service area, I will only endorse products or services that I believe, based on my expertise, are worthy of such endorsement. Any product claim, statistic, quote or other representation about a product or service should be verified with the manufacturer or provide

About Thursday's Notes

This blog is a personal blog written and edited by me, and does not reflect the views of either employers and/or clients. This blog does not accept any form of cash advertising, sponsorship, or paid topic insertions.