Class adalah…
Posted by
Unknown
, Sunday, September 27, 2009 at 8:25 AM, in
Labels:
Access Modifier,
Class,
Constructor,
Internal,
obyek,
Pemograman berorientasi obyek,
Private,
Protected,
Public
Class : permodelan dari suatau obyek yang mengadung informasi tentang ciri obyek, karakterisitik obyek, dan perilaku obyek.
Mendefinisikan sebuah class :
Untuk mendefinisikan sebuah class dibutuhkan:
1. Access Modifier : menjelaskan ketersediaan akses sebuah class terhadap class lainnya.
2. Class Keyword : mengindikasikan bahwa kode blok berikut ini adalah sebuah class.
3. Instance Field : mengandung variable dan konstanta yan digunakan obyek dari class
4. Constructor : sebuah method yang memiliki nama yang sama dengan nama class, method ini digunakan untuk mengontrol state awal dari setiap obyek yang diciptakan.
5. Instance Method : medefinisikan fungsi yang beraksi terhadap data dalam class
6. Class Field : mengadung variable dan konstanta yang dimiliki class dan dibagai-pakai oleh seluruh obyek dari class.
7. Class Method : digunakan untuk mengontrol nilai dari class fields
Syntax untuk mendefinisikan class dalam bahasa C#:
[access modifier] [class keyword] [class identifier ] [ : base class] [class body]
Access modifier dan keterangan penggunaan:
Access Modifier Keterangan
Public Dapat diakses oleh class manapun dan dari solution manapun
Private Hanya dapat diakses class tersebut
Protected Hanya dapat diakses class tersebut dan turunan dari class tersebut.
Internal Hanya dapat diakses semua class dalam satu solution
Protected Internal Hanya dapat diakses class tersebut dan turunan dari class tersebut asalakan masih dalam satu solution
Abstract Class harus diturunkan
Sealed Class tidak dapat diturunkan
Little notes:
• Class fields dan class method didefinisikan menggunakan keyword static.
• Static keyword memiliki makna dapat dibagi-pakai oleh semua obyek.
• Method static hanya dapat di consume oleh class static.
Contoh sebuah class :
public class Animal
{
string color= “red”;
}
Obyek: hasil instantiasi dari class yang memiliki atribut serta behaviour dari class-nya.
Contoh sebuah obyek :
Animal anim = new Animal( );
Constructor : method yang memiliki nama yang sama dengan nama class dan merupakan method special yang dipanggil oleh system run-time ketika menginstantiasi obyek.
Contoh sebuah constructor:
public class Animal
{
string color;
public Animal( )
{
color = ”red”;
}
}
Mendefinisikan sebuah class :
Untuk mendefinisikan sebuah class dibutuhkan:
1. Access Modifier : menjelaskan ketersediaan akses sebuah class terhadap class lainnya.
2. Class Keyword : mengindikasikan bahwa kode blok berikut ini adalah sebuah class.
3. Instance Field : mengandung variable dan konstanta yan digunakan obyek dari class
4. Constructor : sebuah method yang memiliki nama yang sama dengan nama class, method ini digunakan untuk mengontrol state awal dari setiap obyek yang diciptakan.
5. Instance Method : medefinisikan fungsi yang beraksi terhadap data dalam class
6. Class Field : mengadung variable dan konstanta yang dimiliki class dan dibagai-pakai oleh seluruh obyek dari class.
7. Class Method : digunakan untuk mengontrol nilai dari class fields
Syntax untuk mendefinisikan class dalam bahasa C#:
[access modifier] [class keyword] [class identifier ] [ : base class] [class body]
Access modifier dan keterangan penggunaan:
Access Modifier Keterangan
Public Dapat diakses oleh class manapun dan dari solution manapun
Private Hanya dapat diakses class tersebut
Protected Hanya dapat diakses class tersebut dan turunan dari class tersebut.
Internal Hanya dapat diakses semua class dalam satu solution
Protected Internal Hanya dapat diakses class tersebut dan turunan dari class tersebut asalakan masih dalam satu solution
Abstract Class harus diturunkan
Sealed Class tidak dapat diturunkan
Little notes:
• Class fields dan class method didefinisikan menggunakan keyword static.
• Static keyword memiliki makna dapat dibagi-pakai oleh semua obyek.
• Method static hanya dapat di consume oleh class static.
Contoh sebuah class :
public class Animal
{
string color= “red”;
}
Obyek: hasil instantiasi dari class yang memiliki atribut serta behaviour dari class-nya.
Contoh sebuah obyek :
Animal anim = new Animal( );
Constructor : method yang memiliki nama yang sama dengan nama class dan merupakan method special yang dipanggil oleh system run-time ketika menginstantiasi obyek.
Contoh sebuah constructor:
public class Animal
{
string color;
public Animal( )
{
color = ”red”;
}
}
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment