thursday'snotes
this site the web

Mail Client, Mail Server, MTA, MUA, POP3, SMTP adalah:

Mail Client : program penarik dan pengirim e-mail yang biasa diinstal di PC.Contohnya adalahOutlook Express, Eudora, Netscape Mail.

Informasi dasar yang dibutuhkan pada saat setting mail client:
• Email Address : email@domain.com
• Incoming Mail (POP3) server: pop.domain.com
• Outgoing (SMTP) server : smtp.domain.com
• Account/ username : yourname
• Password : **********
• POP3 Port : 10
• SMTP Port : 25

Mail Server: program khusus untuk melayani proses pengiriman dan penerimaan email. Program tersebut akan meneruskan, menarik, menerima, dan mendistribusikan e-mail. Contohnya adalah Qmail, SendMail,dan lain-lain.

MTA (Mail Transfer Agent): adalah seperangkat sistem yang terdiri server dan program yang bertugas meneruskan dan menghantarkan e-mail. MTA akan melakukan dua aksi yaitu menghantarkan langsung ke mailbox penggunanya (alamat email local yang ada di server atau jaringan lokal) atau meneruskan ke MTA lain yang menyimpan mailbox dari alamat yang dituju (menjalankan proses routing email).MTA merupakan istilah teknis dari mail server.

MUA (Mail User Agent) : adalah aplikasi e-mail client yang dapat digunakan untuk mengirim atau menerima e-mail dari suatu mail server. MUA merupakan istilah teknis dari mail client.

Hubungan MTA dan MUA: adalah membuat suatu messaging system untuk mentransfer e-mail pada jaringan internet.

MUA mengirimkan data (e-mail) kepada MTA melalui protokol SMTP. MTA kemudian melakukan resolve terhadap domain tujuan dengan bantuan DNS (Domain Name Server). Selanjutnya MTA ini akan mengirimkan e-mail tadi ke MTA tujuan melalui protokol SMTP dan e-mail tersebut tersimpan pada sistem mailbox pada MTA tujuan tersebut. Lalu e-mail yang sudah tersimpan akan siap untuk si download menggunakan protokol POP3 oleh MUA tujuan.

POP3(Post Office Protocol versi 3): adalah protokol yang digunakan untuk proses pengiriman e-mail. Biasanya menggunakan port komunikasi TCP 110. Dengan adanya POP3 maka e-mail yang datang pada saat pengguna tidak online, dapat ditampung sementara agar dapat diambil nanti.

Mode pada POP3:
1. mode offline: POP3 mengambil dan kemudian menghapus mail yang tersimpan dari server. Sistem ini disebut ”store-and-forward”. Server, pada mode offline, berlaku seperti sebuah tempat penampungan yang menyimpan mail sampai user memintanya.

2. mode online: POP3 akan mengambil mail dari server tanpa menghapus mail yang sudah diambil.Mode ini lebih disukai oleh user yang sering berpindah tempat karena memungkinkan untuk melihar mail yang sama dari tempat yang berbeda.

SMTP(Simple Mail Transfer Protocol): adalah protokol yang dipergunakan untuk untuk mengirim data dari computer pengirim surat elektronik ke server penerima.

1 comments:

bogi said...

:) swastiastu
baru kali ini ketemu dg cewe yg doyan dg IT.
salut.
kerja dimana?

- bogi aditya -

Post a Comment

 

Disclaimer

I do not claim any of these images as my own unless otherwise stated

The views and opinions expressed on this blog are 100% mine. If I claim or appear to be an expert on a certain topic or product or service area, I will only endorse products or services that I believe, based on my expertise, are worthy of such endorsement. Any product claim, statistic, quote or other representation about a product or service should be verified with the manufacturer or provide

About Thursday's Notes

This blog is a personal blog written and edited by me, and does not reflect the views of either employers and/or clients. This blog does not accept any form of cash advertising, sponsorship, or paid topic insertions.