thursday'snotes
this site the web

Typography is science.


Typography berasal dari bahasa latin: Typos yang berarti “tanda” atau “bentuk” dan Grapho yang berarti “menulis”. Typography (Tipografi) adalah seni dan teknik pemilihan jenis huruf dan pengaturan atau penempatannya dalam ruang-ruang yang tersedia dengan maksud memberikan kenyamanan pada pembaca tulisan yang ditampilkan. Tipografi mencakup hal-hal diantaranya pemilihan jenis huruf, ukuran huruf yang digunakan, jarak antar huruf dalam tulisan dan jarak antar baris dalam sebuah alinea.




Typography  secara pribadi adalah seni untuk membuat website lebih indah dan menarik untuk dibaca dengan bentuk font yang berbeda-beda sehingga kesan yang didapat adalah tidak monoton. Dengan adanya teknik typography pengunjung akan dibawa dengan kenyamanan dalam membaca sehingga akan betah untuk berlama-lama.

"Typography are like a sword, dapat menarik perhatian tapi juga dapat menghilangkan minat baca.
So use it wisely"Dalam memberikan typography sobat tidak bisa sembarangan saja karena terdapat 5000++ jenis tulisan di luar sana dan tidak semua komputer dan browser mampu untuk mengenali jenis-jenis typography yang bisa gunakan.

Apa akibatnya jika memaksakan typography?
Banyak sekali jenis font yang unik dalam dunia website dan banyak juga yang memiliki lisensi GNU/GPL yang artinya sobat bebas untuk menggunakan dan meng-copy paste font tersebut. Tapi hati-hati dalam menggunakan setiap font yang ada, jika sobat menggunakan jenis font yang langka maka hasilnya adalah font sobat akan di ubah secara otomatis oleh komputer atau browser kedalam font yang dapat mereka kenali, alhasil kerja keras memilih font akan sia-sia.

Kesalahan
Dalam penggunaan font harus hati-hati, ada jenis font yang enak untuk dibaca dalam artikel yang panjang dan ada juga jenis font yang hanya enak dibaca jika font digunakan sebagai judul artikel. Penggunaan font yang salah dapat membunuh minat baca pengunjung. Contohnya, jika untuk artikel gunakanlah font yang memiliki garis-garis yang jelas dan bentuk yang jelas. Sekali dilihat pembaca langsung tahu huruf apa yang sedang di baca.


Cara mengetahui dan test typography Untuk mengetahui kira-kira jenis font apa saja yang bisa sobat pakai untuk memperindah blog sobat, pertama sobat harus tahu jenis font yang dapat terbaca pada browser sobat. Test ini terdiri dari 2 rangkaian tes. Untuk melakukan test font,  dapat lakukan di VisiBone.com/font/tests.html, atau untuk cepatnya klik saja link dibawah:

Test 1: Known Fonts — test your system for thousands of font names reported by others. (600K of HTML, 1K of JavaScript)
Test 2: New Fonts — see a list of all the fonts on your system, with samples. Requires Java 1.2 or later. (200K of JavaScript, 5K of Java)


Kesimpulan Typography dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca , tapi ingat-ingat bahwa tidak setiap font dapat terbaca dengan baik di komputer dan browser pengunjung. Jadi pilah dan pilih font terbaik yang akan  gunakan untuk melengkapi typography blog.





0 comments:

Post a Comment

 

Disclaimer

I do not claim any of these images as my own unless otherwise stated

The views and opinions expressed on this blog are 100% mine. If I claim or appear to be an expert on a certain topic or product or service area, I will only endorse products or services that I believe, based on my expertise, are worthy of such endorsement. Any product claim, statistic, quote or other representation about a product or service should be verified with the manufacturer or provide

About Thursday's Notes

This blog is a personal blog written and edited by me, and does not reflect the views of either employers and/or clients. This blog does not accept any form of cash advertising, sponsorship, or paid topic insertions.