thursday'snotes
this site the web

Santa Branding

Sembari kerja on-site di client, saya pergi jalan-jalan ke Pacific Place. Seluruh sudut mal mewah ini di sulap sesuai tema yang diusungnya yaitu Have a Holly Jolly Christmast ! Mulai dari santa klaus, rudolph, pohon natal, hingga salju hari menyemarakan atmosfernya. Hingga akhirnya saya tergelitik untuk membuat post tentang Santa Branding yang membahas selintas tentang branding  dengan kemasan natal.



"Branding atau sering juga disebut sebagai brand building banyak dikaitkan dengan upaya sebuah perusahaan untuk membangun image. Image yang dimaksud tentunya harus memiliki nilai benefit di dalam memberikan sebuah persepsi tertentu yang umumnya bersifat positif. Kekuatan branding yang luar biasa dipandang sangat berpengaruh terhadap suksesnya bisnis sebuah perusahaan." http://www.tanadisantoso.com





Brand asset : alat yang dapat meningkatkan citra produk Anda, slogan, iklan, publisitas, penjualan,promosi dan layanan pelanggan. Brand asset membantu untuk menciptakan identitas bermakna yang membangun ikatan emosional  dengan  target market. Hal ini memaksa mereka untuk mengambil tindakan dan memberikan logika yang membenarkan keputusan mereka dalam memilih produk anda.




Brand Imagery : keseluruhan persepsi konsumen atas suatu obyek yang di bentuk dari pengolahan informasi dari berbagi sumber dan waktu.

Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam pemilihan elemen brand:
1. Mudah diingat
Artinya elemen brand yang dipilih hendaknya yang mudah diingat, dan disebut/diucapkan. Simbol, logo, nama yang digunakan hendaknya menarik, unik sehingga menarik perhatian masyarakat untuk diingat dan dikonsumsi.


2. Memiliki makna
Artinya elemen brand hendaknya mengandung sebuah makna maupun penjelasan/ deskripsi dari produk. Diharapkan makna ini dapat mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut.
Deskripsi makna yang terkandung dapat berupa:
a. informasi umum tentang kategori dan isi dari produk
b. informasi tentang komposisi penting yang ditonjolkan produk dan manfaat dari produk.
3. Menarik dan lucu
Pendekatan lain untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan variasi elemen brand yang unik, lucu, pemilihan elemen yang kaya akan visualisasi dan imajinasi. Dalam hal ini yang ditonjolkan adalah desain yang menarik dan lucu.
4. Fleksibel
Artinya elemen brand dapat dimengerti dan tetap dapat diterima oleh daerah/pasar, bahkan budaya lain. Nama yang digunakan pun tidaklah terlalu sulit untuk diterjemahkan. Seringkali pemilihan elemen brandmudah diingat oleh masyarakat lokal, namun sangatlah sulit dimengerti oleh masyarakat lain. Hal ini tentunya akan menghambat produsen untuk masuk dalam pasar yang baru.
5. Legal
Artinya brand elemen tersebut sah menurut hukum dan undang–undang yang berlaku, sehingga berada di bawah perlindungan hukum.

Mengetahui pentingnya membangun brand adalah tugas inti dari para pelaku bisnis terutama marketer. Inilah salah satu alasan mengapa IMC( Integrated Marketing Communication) dirasa sangat penting sebagai senjata utama membangun persepsi,citra,brand yang kuat dimana konsumen memiliki hubungan yang kuat dengan sebuah brand.

Maka  langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut ;
1. The search of consumer insight yaitu meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen
2. Membangun platform komunikasi yang tepat untuk mendorong konsumen untuk menciptakan brand awareness dan kemudian melakukan brand switching, yaitu merubah pilihannya dari brand tertentu pada brand yang kita miliki
3. Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang memilih produk tertentu
4. Penggunaan media dan alat-alat promosi yang kreatif dan menarik perhatian publik
5. Membangun dialog yang efektif dengan market anda



0 comments:

Post a Comment

 

Disclaimer

I do not claim any of these images as my own unless otherwise stated

The views and opinions expressed on this blog are 100% mine. If I claim or appear to be an expert on a certain topic or product or service area, I will only endorse products or services that I believe, based on my expertise, are worthy of such endorsement. Any product claim, statistic, quote or other representation about a product or service should be verified with the manufacturer or provide

About Thursday's Notes

This blog is a personal blog written and edited by me, and does not reflect the views of either employers and/or clients. This blog does not accept any form of cash advertising, sponsorship, or paid topic insertions.