thursday'snotes
this site the web

Bercermin Lewat Tulisan

Akhirnya saya menemukan buku tentang menulis yang menurut saya paling bagus. Buku dengan judul yang sama dengan postingan saya ini yaitu : Bercermin Lewat Tulisan karya Ibu Mathilda AMW Birowo. Saya salah satu pengagum berat tulisan beliau, meskipun artikel yang ditulis beliau kebanyakan sudah lampau tetapi  tutur kata dan gaya penulisannya tak lekang oleh waktu (istilahnya klasik lah). Latar belakang beliau sebagai  wartawan dan  public relations tetap memupuk semangat jurnalistik beliau. Tak heran buku yang ditulis tidak sekedar mewartakan atau menampilkan pergulatannya dengan satra sebagai pemanis, Ibu Mathilda ini menyampailakn ilmu yang digelutinya dengan dengan indah dan penuh pemahaman. Saya sangat menyarankan untuk membaca buku ini dan tak lupa mempraktekannya.

Ada beberapa yang bisa kita petik dari buku ini, salah satunya tips untuk memulai tulisan. Anda harus mempertimbangkan hal berikut :

  1. Tema
  2. Fokus
  3. Narasumber dan data pendukung
  4. Pembidikan
  5. Cara pengembangan
  6. Judul
  7. Panjang Karangan
Ada yang perlu diperhatikan dalam sebuah tulisan:

  1. Tulisan umum juga harus memperhatikan Kemanusiaan 
  2. Pada Siaran Pers, intisari di letakan di awal paragraf
  3. Pada Tulisan berita wajib mengkuti kaidah 5W 1H  dengan piramida terbalik 

2 comments:

Paola Lauretano said...

Great post!
Happy wed Tentang!
Expressyourself
My Facebook

Anonymous said...

Nice post

Www.tomntins.blogspot.kr

Post a Comment

 

Disclaimer

I do not claim any of these images as my own unless otherwise stated

The views and opinions expressed on this blog are 100% mine. If I claim or appear to be an expert on a certain topic or product or service area, I will only endorse products or services that I believe, based on my expertise, are worthy of such endorsement. Any product claim, statistic, quote or other representation about a product or service should be verified with the manufacturer or provide

About Thursday's Notes

This blog is a personal blog written and edited by me, and does not reflect the views of either employers and/or clients. This blog does not accept any form of cash advertising, sponsorship, or paid topic insertions.